Makanan Manado di Jogja

Bagi anda yang ingin merasakan makanan ala Manado saat sedang di Yogyakarta bisa mencoba mampir di beberapa rumah makan berikut ini.

1. Rumah Makan Manado “Jembatan”

Terletak di tepi jembatan Jalan dr. Sardjito, tak jauh dari perempatan Jetis dan kompleks Universitas Gadjah Mada (UGM). Menyediakan berbagai macam menu khas Minahasa, dengan menggunakan daging ayam (berupa ayam ‘bulu’, cuma tersedia di hari Minggu) dan babi (tiap hari ada). Menu wajib berupa Tinutuan (Bubur Manado) ada tiap hari, kadang dengan ekstra teri goreng. Menurut kami tinutuan di rumah makan ini paling enak se-Yogya, meski tak sesempurna tinutuan asli di Manado. Rica alias sambalnya pedas menantang.

Terdapat pula aneka pilihan nasi campur, dengan berbagai pilihan lauk: Ayam ‘Bulu’ (tapi sepertinya tidak dimasak di dalam bambu, cuma tersedia hari minggu), B2 Tinoransak, B2 bumbu RW, B2 Kinawok, Sate Babi Manis, dan B2 Rica. Pilihan sayurnya antara lain sayur pahit dan acar kuning. Warung ini buka sekitar jam 10 pagi, pada hari Minngu biasanya bukanya mendekati jam 12 siang. Harganya tidak mahal. Tinutuan 13 ribuan, nasi campur 16 ribuan.

Sumber: Maartje via fb
Sumber: Maartje via fb
Sumber: Maartje via fb
Sumber: Maartje via fb

 

2. Restoran Dapur Manado

Berlokasi di daerah Baciro, dari stasiun kereta api Lempuyangan tinggal lurus ke timur, sebelum markas Brimob. Menyediakan berbagai makanan ala Manado yang halal. Andalannya adalah kue khas Manado seperti cucur, biapong (bakpao), kukis pisang, dan panada. Selain makanan khas Minahasa, rumah makan ini juga menyediakan makanan lain seperti udang goreng tepung.

Tinutuannya sepertinya tidak menggunakan daun gedi. Es kacang merah juga tersedia disini. Nasi campur cakalangnya enak, lengkap dengan perkedel milu (bakwan jagung). Berbagai olahan ikan seperti woku blanga dan kuah asam bisa dijadikan pilihan bagi penyuka makanan berkuah.

 

3. Warung Makan Cakalele

Terletak di bawah fly-over Janti, dari JEC ke arah RSPAU lalu tinggal lurus ke utara, setelah rel kereta api. Menyediakan berbagai sayuran khas Minahasa seperti sayur kangkung, sayur pahit (daun pepaya), dan acar kuning. PIlihan lauknya antara lain ikan cakalang, B2 bumbu RW, babi rica, dan sate babi. Suasananya remang-remang karena kurang pencahayaan, bising karena dekat jalan raya.

 

Ada juga Rumah Makan ala Manado Bakudapa yang terletak di Jalan Kusumanegara, dekat Taman Makam Pahlawan. Menyediakan masakan halal. Dan juga ada rumah makan masakan Manado di daerah dekat Samsat, dengan menu berbahan babi. Namun kami belum pernah makan di kedua rumah makan tersebut.

20150418. Yoseph dan Vera.

Iklan

Satu pemikiran pada “Makanan Manado di Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s