Memilih Jurusan dan Universitas

Ketika anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan atau kuliah tentu anda akan memilih jurusan atau fakultas yang cocok. Cocok tidaknya suatu jurusan buat anda tergantung pada beberapa faktor, antara lain latar belakang pendidikan, rencana masa depan, serta yang paling penting adalah minat anda.

Dalam formulir aplikasi beasiswa AAS 2014 (dulu dikenal sebagai beasiswa ADS Ausaid Australia) terdapat banyak pilihan untuk pelamar dari Indonesia. Negara lain bahkan ada yang hanya boleh memilih sangat sedikit jurusan, tidak sebanyak untuk calon penerima beasiswa yang berasal dari Indonesia.

Jadi sebelum memilih kampus atau universitasnya, menurut saya tentukan dulu suka dengan jurusan kuliah apa, baru nanti tentukan mau kuliah jurusan tersebut di universitas mana.

Apa pilihan anda?

Pilihan saya adalah melanjutkan studi S2 Public Health, dan langkah selanjutnya adalah memilih universitas tujuan. Pedoman utama dalam memilih universitas adalah apakah universitas DAN jurusan yang akan anda tuju diakui oleh Dikti dengan kesetaraan sesuai harapan anda. Anda tentu tidak mau kuliah Program Master (S2) selama 1-2 tahun, tetapi ketika menyetarakan ijazah tersebut di Indonesia hasilnya anda tidak dianggap berkualifikasi S2. Langkah paling aman adalah memilih jurusan DAN universitas yang lulusannya sudah diakui dan disetarakan oleh Dikti. Laman web Dikti sudah menyediakan database yang cukup baik untuk dijadikan acuan. Jika jurusan / universitas tujuan anda tak ada di daftar tersebut jangan dulu patah semangat, anda masih bisa mengajukan penyetaraan, karena daftar yang ada hanyalah berisi lulusan yang sudah pernah menyetarakan ijazahnya. Misalnya pada bagian Universitas AWW hanya tercantum Master of Science yang disetarakan sebagai S-2, artinya selama ini baru ada lulusan dari Universitas AWW dengan gelar Master of Science yang menyetarakan ijazahnya. Jadi jika anda ingin ambil gelar Master of Public Health di Universitas AWW, ya silahkan saja, tinggal mengikuti prosedur penyetaraan yang ada. Pihak Dikti pun “menyarankan” untuk memilih universitas dan jurusan/gelar yang sudah tercantum di laman Dikti untuk mempermudah proses penyetaraan kelak.

Setelah saya lihat daftar di laman Dikti tentang gelar luar negeri yang sudah disetarakan, maka pilihan saya condong ke beberapa universitas berikut ini:

  • Curtin University of Technology
  • Monash University
  • The University of Adelaide
  • The University of Melbourne
  • University of New South Wales
  • The University of Queensland
  • The University of Sydney
  • University of Wollongong

Jadi apa pilihan anda untuk berkas isian ADS tahun ini?

Iklan

3 pemikiran pada “Memilih Jurusan dan Universitas

  1. Salam kenal, saya dina. Tahun ini saya berencana ingin melamar beasiswa ads(aas) S2 public health, yg ingin saya tanyakan adalah, bagaimana sistem s2 public health di australia, krn pada form pendaftaran, utk program s2 terbagi menjadi coursework, reseacrh dan kombinasi. Apakah s2 public health ada yg coursework saja? Jika kita hanya mengambil coursework apakah itu jg diakui setara s2 di Indonesia? Jika berkenan, saya ingin sharing lbh lanjut mengenai program aas yg penulis ketahui, khusus nya untuk jurusan public health. Terimakasih sblmnya, dtinggu ya balasan nya… :)
    Email : dinabasyarial@yahoo.com

    1. Yang coursework murni juga diakui sebagai S2 kok. bila memang untuk kepentingan akademis (misalnya jika anda dosen) maka saran saya pilihlah yang full coursework, kecuali anda sudah punya calon penelitian yang sudah “tiga perempat matang”. Soalnya untuk yg by research pihak Australia lebih menyukai yang tidak mulai dari nol.
      Kebanyakan untuk yang S2 Kesehatan Masyarakat malah full coursework. Ada pilihan untuk ikut minor research ataupun membuat tesis berbasis riset, tapi tetap disebutnya itu full coursework.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s